Minggu, 14 Juni 2015

Ragam Wisata Jepara Kerajinan Seni Ukir dan Patung

Sentra Kerajinan Seni Ukir dan Patung Desa Wisata Mulyoharjo

Jepara sangat terkenal sebagai kota ukir. Ukiran adalah kerajinan utama dari kota Jeparayang sangat terkenal di Indonesia maupun manca negara. Yang dimaksud disini adalah ukiran yang berasal dari kayu jati, mahoni, sengon dan lain-lain. Di kota Jepara hampir seluruh kecamatan mempunya mebel dan ukir kayu sesuai dengan keahlian sendiri-sendiri. Hasil kerajinan ukir Jepara bermacam-macam bentuk mulai dari motif patung, motif daun, relief dan lain-lain. Baca Juga Ragam Wisata Bali Disini

Ragam Wisata Jepara Kerajinan Seni Ukir dan Patung
Kerajinan Seni Ukir dan Patung Jepara
Pemerintah Jepara telah menetapkan Desa Mulyoharjo sebagai desa wisata tempat pembuatan kerajinan seni ukir dan patung. Desa Mulyoharjo sendiri terletak di kecamatan kota Kabupaten Jepara. Desa ini dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan mengingat letaknya berada dipinggir jalan raya Jepara – Bangsri pintu masuknya ditandai dengan simbol tugu patung kuda yang berjarak 2 km dari pendopo kabupaten jepara.
Selain pahat patung di Desa Mulyoharjo ini juga terdapat kaligrafi, relif, mebel ukir, hiasan interior, patung abstrak, soufenir yang unik yang semuanya itu terbuat dari satu kayu utuh tanpa terputus atau sambungan kayu. masyarakat yang ramah dan anehnya hampir semua warganya bisa mengukir baik itu pria maupun wanita. Salah satu jenis ukiran yang melegenda atau terkenal adalah macan kurung (nama sebuah ukiran ) yang cara membuatnya itu satu bahan kayu glondong di buat kurungan dan di dalamnya terdapat macan di atas kurungan terdapat naga dan langsug di buat ukiran tanpa sambungan,kalo kita bayangkan wah betapa sulitnya.
Namun untuk jenis ukiran macan kurung ini sudah langka karena lamanya waktu pemesanan dan tingkat kesulitan yang tak sembarangan orang bisa untuk membuatnya. Di daerah ini pun sering di kunjungi oleh wisatawan dari mancanegara maupun lokal untuk kepentingan bisnis atau hanya sekedar jalan-jalan. Selain di pasaran lokal seni pahat patung di Desa Mulyoharjo ini mampu menembus pasaran iternasional, itu terbukti dengan bayaknya barang-barang yang di ekspor sampai ke luar negeri.
Jika anda sedang berliburan ke Jepara jangan pernah lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini, karena di sini bayak toko toko atau showroom yang menjual hasil seni kerajinanya. dan anda pun langsung bisa membeli sofenir kecil kecil nan cantik atau lainya untuk menghiasi rumah anda.

Sumber :  bwsjepara.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar